Kabupaten Trenggalek

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang kampung halaman saya yaitu Trenggalek.



Trenggalek adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Trenggalek kota. Kabupaten ini menempati wilayah seluas 1.205,22 km². Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo; Sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung; Sebelah selatan dengan pantai selatan; dan Sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan. Walaupun Trenggalek termasuk salah satu tempat yang tak cukup terkenal sebenarnya Trenggalek mempunyai daya tarik yang tak kalah menarik dengan kota-kota besar yang lain. Salah satu daya tarik dari Trenggalek yaitu dari sisi keanekaragaman budayanya contohnya saja "Tari Jaranan Turonggo Yakso".

Tari Jaranan Turonggo Yakso


Seperti diketahui bahwa pada awalnya tari kebudayaan Jaranan Turonggo hanya dilakukan oleh masyarakat di daerah sekitar kecamatan Dongko, dan biasa disebut dengan Baritan. Kenapa dinamakan Baritan, hal ini dikarenakan kesenian ini dilakukan "bubar ngarit tanduran" atau seusai bekerja di ladang. Namun sejak tahun 1980an, kepala desa Dongko sendirilah yang mulai mengangkat kebudayaan tarian baritan ini diangkat menjadi kebudayaan khas kabupaten Trenggalek, dengan nama Turonggo Yakso. Pada dasarnya tari Jaranan Turonggo Yakso ini menceritakan mengenai kemenangan warga desa dalam mengusir marabahaya atau keangkaramurkaan yang menyerang desanya. Biasanya tarian ini selalu dibawakan setiap bulan Suro, dalam penanggalan Jawa, dan sudah ditentukan oleh seorang pawang atau sesepuh.

Bukan hanya keanekaragaman budaya yang ada di Trenggalek, namun juga ada beberapa makanan atau jajanan khas asli Trenggalek yang mungkin dapat anda beli saat berlibur atau berkunjung di kabupaten Trenggalek, yaitu:

1. Tiwul


Tiwul merupakan makanan khas Trenggalek yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Namun, tidak semua orang Trenggalek memanfaatkan tiwul sebagai makanan utama, kebanyakan dari mereka lebih memilih memakan nasi dari pada tiwul. Pada umumnya, tiwul di konsumsi di daerah pedesaan saja.

2. Alen-alen


Mungkin beberapa orang tidak asing lagi mendengar jajanan khas Trenggalek ini. Alen-alen merupakan jajanan atau oleh-oleh Trenggalek yang terbuat dari bahan dasar singkong yang telah di haluskan dan di bentuk seperti cincin. jajanan ini cocok untuk cemilan atau sebagai lauk.

3. Kripik Tempe


Kripik tempe merupakan jajanan atau bisa juga lauk khas Trenggalek yang berbahan dasar tempe. Masyarakat Trenggalek banyak yang menyukai kripik tempe, karena rasanya yang gurih menjadikan makanan mereka lebih nikmat. Bagi anda yang berlibur ke Trenggalek, jangan lupa membeli kripik tempe ini sebagai oleh-oleh.

Berikut ini sebuah video profil tentang Kabupaten Trenggalek:


Sekian tulisan dari saya untuk lebih jelasnya silakan berkunjung ke kampung halaman saya Trenggalek. Dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Sources:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Trenggalek
http://www.direktori-indonesia.org/articles/thari-jaranan-thuronggo-yakso-9614.htm
http://nukebrilian2131.blogspot.com/2014/08/kabupaten-trenggalek.html

0 komentar:

Posting Komentar